Laman

Jumat, 29 Agustus 2014

Perjalananku menuju sukamade

           Halo semuanya kali ini saya akan membagikan pengalaman saya dala melakukan Aplikasi di daerah sukamade Banyuwangi, tempat ini merupakan tempat yang jauh dari keramaian kota namun ke asrian dan kearifan penduduk lokal nya tak bisa kita pandang sebelah mata ,baiklah teman-teman mari kita baca hasil liputan ku ini ,
Senin, 10 februari 2014
Kisah perjalanku untuk aplikasi I ini aku awali sejak pada hari senin pagi tepatnya pada hari Senin tanggal 10 februari 2014 aku bangun tepat pukul 04.00 WIB lalu aku ingin tidur tapi tak bisa tidur lagi jadi waktu itu aku gunakan untuk packing dan bersih bersih badan lalu tepat pukul 06.00 WIB aku oleh mas Handoyo disuruh membangunkan teman-teman tapi aku tak berhasil jadi aku biarkan dan nunggu mas Handoyo yang membangunkan teman-teman pada pukul  07.00 WIB upacara pembukaan dimulai dan berakhir pada pukul 07.30 WIB lalu kami sarapan bersama dan mulai mengangkat barang ke dalam truk karna truk nya sudah menunggu sejak kami upacara tadi, truk berangkat pada pukul 08.30 WIB .


Sekitar pukul 12.30 WIB kami sudah berada dalam perjalanan hutan dan melihat indah nya pemandangan pegunungan dan tak lupa kami melihat beberapa spesies kera abu-abu dan lutung  ,tepat pukul 16.00 WIB kami sampai di resort dan mulai mendirikan tenda dilanjutkan pukul 17.00 WIB kami memulai pengamatan burung dengan metode Point Count kami tidak menemukan terlalu banyak burung pada waktu pengamatan pertama kami ini di karenakan tempat nya yang tertutup rapat oleh pepohonan dan semak yang tinggi yang menghalangi pandangan mata kami ,dilanjutkan pukul 17.30 WIB kami kembali ke camp dengan agenda ISHOMA sementara itu aku gunakan untuk istiahat sebentar , dan tak lama kemudian hidangan istimewa ala hutan dan persaudaraan di hidangkan aku makan dengan lahap nya dengan saudara sudaraku, Pukul 08.00 WIB di mulai evaluasi hari pertama dan diakhiri pukul 23.00 WIB lalu akupun tidur.

Selasa, 11 Februari 2014

  Ini adalah hari keduaku di resort camp Sukamade yaitu tanggal 11-02-2014 dimulai pukul 05.26 WIB aku bangun dari tidur ku yan pertama kali di sukamade ini dan pada pukul 05.45 WIB diadakan brefing untuk kegiatan yang akan kami laksanakan , 05.53 WIB brefing ditutup tepat pukul 06.00 WIB kami berangkat Pengamtan Burung dengan metode Point Count dan pukul 06.23 WIB saya melihat burung Rangkok pertama kali nya saat sedang terbang bebas , 06.32 WIB kami kembali ke camping ground dengan cuaca agak gerimis , kami mulai mengukur tali yang akan kami gunakan dalam pengaplikasian Analisa Vegatasi dengan metode Petak tunggal dan petak berganda kami mulai pada pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 tapi ternyata pukul 11.30 kami selesai melakukan anveg 2 metode dan hujan pun mula turun dan saya mulai membuat bivak dari mantel , dan kami sedikit berfoto foto hingga pukul 12.00 lalu kembali ke camping ground dan menuggu masakan dihidangkan, pukul 13.28 kami lanjutkan dengan breefing Anveg metode kuadran dan point count tepat pukul 13.40 kami makan siang bersama lagi.
Dan kami lanjutkan dalam Anveg dengan metode yang telah kami tentukan tadi ternyata kedua metode terkahir ini lebih  mudah dari metode sebelumnya dan pada pukul 15.16 kami selesai Anveg dan karena masih ada waktu kami membuat plaster cast pertama kami sesuai dengan apa apa yang telah diajarkan ke kami oleh pemateri pukul 16.00  kami mulai mengukir nama kami di dalam plester cast itu dan kami kembali ke camping ground dengan keadaan sehat wal afiat tak kurang suatu apapun.
16.45 kami mulai breefing kembali untuk pengamatan burung dengan metode transectline bagus nya kami mendapat pembimbing mbak Yolanda , tepat pukul 16.50 kami berangkat dan aku meliahat oarang orang menuju camping ground yang berasal dari salatiga yang berjalan beriringan tak hanya itu kami juga melihat turis dari mancanegara sedang berjalan-jalan .
Pada pukul 17.00 kami diberangkat kan oleh mas handoyo untuk pengamtan burung metode transekline kami melihat burung-burung sedang kembali kesarang masing masing dan saya juga melihat burung rangkong berwarna hitam dengan tanduk di kepala nya yang berwarna kuning kemerahan sedang terbang yang akan kembali ke sarang nya karna hari sudah mulai surup ditandai dengan keluar nya para binatang noktural seperti kalong, kelelawar dan lain-lain ,kami melakukan pengamtan burung selama 30 menit jadi pada pukul 17.30 pengamatan ini kami hentikan dan kami kembali ke camping ground dan sambil menyiapkan bahan interpretasi.
Pukul 18.50 mas Handoyo kembali mengumpulkan kami guna melanjutkan kegiatan lebih lanjut yaitu breefing pengamatan penyu yang akan kami lakukan sebantar lagi , semoga bisa ketemu penyu amin, pukul 19.00 breefing ditutup dilanjutkan dengan berangkat pengamatan penyu , tapi kami agak kecewa karna kami masih menunggu di pos karna masih menunggu instruktur kami Pak Junaedi bersiap siap dan menunggu wisatawan lain, sekitar selama satu jam kami menunggu dengan kekecewaan dan akhir nya tepat pukul 20.00 kami berangkat menuju pantai .
Ternyata sampai di pantai kami kecewa lagi karna lagi lagi kami harus menunggu   penyu datang dan mulai bertelur saya duduk di dekat lepet dan tertidur pulas sekitar 2 jam kemudian yaitu pukul 22.16 kami sapat melihat penyu hijau yang sudah mulai bertelur dengan telur 100 lebih kami melakukan pengamatan hanya sekitar 50 menitan kami pulang kembali ke camping ground lalu tepat pukul 23.30 kami memulai evaluasi

Rabu , 12 februari 2014

Pada hari rabu tanggal 12/02/2014 pukul 05.00 saya bangun terlalu pagi sebenarnya tapi karna perut saya tidak enak ya saya terburu buru ke tempat pembuangan dan kembali lagi camp pukul 06.00 dan melihat beberapa ekor kera sedang menjalani aktivitas reproduksi , pukul 06.30 kami menuju tempat penetasan telur penyu , kami melihat banyak telur penyu yang di bagi bagi dalam beberapa lubang penetasan semi alami yang ditandai berdasarkan tanggal penetasan dan nomer regristrasi pada pukul 07.00 kami menggali lubang telur penyu sisik dan untuk bayi penyu ini diberi nama tukik dan dari 143 telur yang ditanam di penetasan ini ada 5 telur yang tidak menetas sedangkan dari telur yang tidak menetas ini yang telah dibuang dijadikan sumber protein oleh para kera abu-abu yang mencari makan .

Pukul 09.30 kami mulai berjalan ke jungle track guna untuk melakukan pengamatan flora-fauna,  kami melihat keinadahan alam seperti hutan yang jarang dilewati orang, pukul 11.19 kami menemukan bangkai dari bunga Raflesia solingeriana yang sudah mulai mengering , dan dari sini kami tahu bahwa bunga Raflesia Solingeriana  ini memiliki tumbuhan inang yang disebut Tetra  dan tak hanya itu kami juga menemukan beberapa buanga Raflesia yang masih belum mengembang yang disebut Kenop.

Pukul 15.00 kami mulai breefing plester cast dan dilanjutkan dengan pencarian jejak hewan yang akan di plester cast tapi setelah satu setengah jam kemudian kami masih belum menemukan spesies lain selain babi hutan dan kami kembali ke camping ground, istirahat sambil membersihkan hasil dari plestercast kami , lalu kami mencari lagi jejak hewan lain di tempat lain yaitu di vegetasi nipah tepet puku l7.10 kami menemukan  jejak baru yang lain dari pada yang lain yang jelas terlihat memiliki 5 jari dan kami kegirangan karna kami menemukan jejak yang sangat eksklusif, kami langsung bagi tugas dan megeksekusi dari jejak itu dan hasil nya kami menemukan jejak hewan berjari lima yang kami simpulkan itu kera abu-abu.


Pada saat itu kami kembali ke camping ground dengan senang hati ,karna menemukan jejak yang sulit sekali ditemukan dan kami lanjutkan dengan ishoma pada pukul 18.00 sampai jam 19.00 dan dilanjutkan dengan evaluasi apa yang kita lakukan tadi pagi dan kami lanjutkan dengan tidur  dan istirahat.

Kamis, 13 february 2014

            Pukul 06.30 saya bangun dari tidur saya yang nyenyak sekali dan mempersiapkan lagi untuk perjalan mulai dari packing dan bersih bersih sekitar camp, dan pukul 08.16 kami breefing tentang perjalanan menuju kampung hanya 15 menit kami breefing dan dilanjutkan dengan memulai perjalanan menuju perkampungan, saya sudah tidak sabar untuk melihat manusia-manusia yang sudah bermasyarakat seperti di suatu desa karna sudah 4 hari kami di hutan dan kami hanya menemukan kera kera abu abu yang bermasyarakat .
           
Pukul 10.30 saya sampai di perkampungan dan beristirahat di depan warung guna melepas lelah sebentar saya langsung menuju ke sumur untuk minum karna mau beli es saya tidak membawa uang kecuali 3 ribu rupiah. 20 menit kemudian  pukul 10.50 kami lanjutkan dengan brefing persiapan praktek Ansos Komsos .
           
Saya diadampingi oleh mbak Devi, mbak Devi memberikan pengetahuan tentang konservasi yaitu penanggulangan bencana anak-anak sekolahan SDN 2 Sarongan dan                                                                 SMP 3 Pesanggaran ini rupanya sangat antusias sekali mendengarkan penjelasan dari mbak Devi ,terbukti dengan banyak anak yang mengerti dari penjelasan yang diberikan oleh mbak Devi , tapi rupanya waktu tak memberi kami lebih banyak lagi waktu bersama dengan anak anak calon penerus bangsa ini karena pukul 11.30 seklah sudah di tutup atau waktu nya pulang .
            Tak menyia nyiakan waktu luang pada waktu Ishoma ini saya gunakan untuk mani membersihkan diri di sungai yang air nya jernih sekali dengan saudara seperguruanku. Pukul 14.50 saya mulai berangkat menemui Bapak Matoyep selaku narasumber kami saya ditemani oleh mas Daud , dan saya tidak kecewa dengan Bapak Muhammad Toyip yang akrab dipanggil Pak Matoyep ini karna pengetahuan nya tentang konservasi dan segala aspek yang saya tanya kan semua nya di ketahui oleh Bapak Matoyep , sampai sampai saya lupa waktu yang dan tak tearasa waktu sudah menunjukan  pukul 15.30 yang karna nya kami harus kembali kesekolahan. Sampai disekolahan saya bermain sepak bola dengan saudara-saudara seperguruan ku sampai sore dan kami lanjutkan dengan mandi bersama lagi di sungai , sampai sang surya menjemput kami untuk kembali ke sekolah pada pukul 18.30.   

Jum`at 14 Februari 2014

            Pada pagi itu aku bangun sekitar pukul 06.00 sehingga masih lumayan pagi untuk menghirup udara segar saya duduk duduk menikmati segar nya suasana pagi , tak lama kemudian saya mandi di kali dengan teman-teman yang kali nya sangat jernih , lalu sekitar pukul 07.30 saya dan teman-teman mulai mengumpulkan siswa untuk berpamitan kepada siswa , ada beberapa siswa yang menangis ketika kita berpamitan ada juga seoarang siswa perempuan yang menangis paling serius sehingga aku iba kepadanya.

            Sekitar pukul 08.00 truk kami sudah siap menuju rumah kami mengangkat barang-barang lalu on the way  menuju jember kami berangkat dengan keadaan senang tapi baru 1 km kami berjalan truck nya berhenti untuk mengambil kelapa muda yang didapat saat membantu orang memanen kacang .
           
Kami lalu melanjutkan perjalanan tapi mendung mnulai marah dan hujan pun jatuh dengan deras nya sehingga saya hanya bisa menikmati dingin nya hujan tanpa dapat menghindarinya karna kami menggunakan truk bak terbuka , teman teman dan aku dapat tertidur dengan pulas padahal saat itu hujan deras sekali. Aku akhirnya aku lupa dengan  kejadian selanjutya karna aku juga tertidur hingga sampai di halaman IKIP PGRI  jember dengan selamat sentosa tanpa kurang suatu apapun .

sekian liputan saya kaliinisemoga bisa bermanfaat bagi pembaca. dan terimakasih 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar