Laman

Jumat, 25 April 2014

Pengelolaan Penyu sukamade

Manajemen pengelolaan penyu di sukamade
Pengelolaan penyu di Resort Sukamade dilakukan oleh UPKP. UPKP (Unit Pengelolaan Konservasi Penyu) yang dibentuk pada tahun 2010 merupakan unit yang khusus dibentuk untuk melakukan pengelolaan penyu di Resort Sukamade. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan unit ini meliputi semua kegiatan yang berkaitan dengan penyu, mulai dari peneluran, penetasan telur semi-alami, pelepasan tukik, monitoring penyu hingga perbaikan habitat bagi peneluran penyu.

Kegiatan teknis pengelolaan
Monitoring pendaratan penyu
Kegiatan monitoring meliputi kegiatan peneluran, tagging , pembersihan tubuh penyu dari parasit dan  pengukuran penyu. Tujuan monitoring, yaitu memastikan keberadaan penyu dengan melihat tag yang telah dipasang dan pemberian tag bagi yang belum dipasang, memeriksa kesehatan penyu dengan melakukan pembersihan parasit yang menempel, mengamati proses peneluran penyu dan mengambil telur yang telah dikeluarkan. Monitoring dilakukan secara rutin setiap malam oleh petugas UPKP  pada jam 18.00 - 05.00 WIB.
Penetasan telur semi-alami
Penetasan telur semi-alami di Resort Sukamade dilakukan di dalam bangunan berukuran 3 x 6 m dengan substrat berupa pasir pantai. Penetasan telur semi-alami tersebut dilakukan untuk mengurangi resiko gagalnya telur penyu menetas di sarang alaminya. Telur penyu diambil oleh petugas dari sarang alami yang dibuat penyu di pantai. Telur ditanam oleh petugas dan akan menetas dalam waktu rata-rata 2 bulan. Telur yang ditanam ditandai dengan plat/papan yang berisi informasi mengenai jenis penyu, jumlah telur yang dikubur, waktu penguburan telur dan lain-lain. Kegiatan pengelolaan dalam kegiatan penetasan telur semi-alami meliputi penanaman telur, pencatatan jumlah telur yang berhasil menetas dan mati dan kebersihan rumah penetasan
Pelepasan tukik
Tukik yang telah menetas harus segera dilepaskan ke laut. Setelah menetas, tukik akan dimasukan ke akuarium. Pelepasan tukik ke laut dilakukan pada pagi atau sore hari pelepasan tukik pada pagi hari biasanya dilakukan pada pukuk 06.30 WIB. Sedangkan pelepasan tukik pada sore hari dilakukan pada pukul 15.00 – 17.00 WIB.
 penyu di Sukamade
Kegiatan Wisata
Wisata penyu di Sukamade dilakukan dengan melihat dan mengikuti semua kegiatan pengelolaan yang dilakukan petugas. Waktu disesuaikan dengan waktu kegiatan pengelolaan yang dilakukan petugas, yaitu
-        Monitoring pendaratan penyu (melihat penyu bertelur)
waktu: 18.00 WIB sampai dengan selesai
lokasi : tempat peneluran penyu (pantai Sukamade)
-        Melihat tempat penetasan penyu semi-alami
waktu: 06.30 – 07.00 WIB
lokasi : tempat penetasan penyu semi-alami-       
Pelepasan tukik
waktu: pagi pada pukul ± 07.00 WIB atau sore pada pukul ± 15.00-17.00 WIB
http://merubetiri.com/userfiles/image/Penyu%20ke%20laut.jpg         Salah satu penyu yang mampir untuk bertelur di sukamade adalah penyu hijau sekaligus penyu yang paling sering mampir untuk bertelur di sukamade, bahkan hampir tiap hari ada penyu hijau yang mampir di sukamade.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar